Jadwal Perjalanan:

23Des  Berangkat dari Jakarta menuju Amman Jordania;

24Des Mendarat di Bandara International Queen Alia Amman Jordania. Lalu transfer ke Allenby Bridge perbatasan Jordania Israel. Kemudian melanjutkan ke Jerusalem;

Misa Malam Natal di Gereja Kelahiran Yesus (Church of Nativity) Bethlehem;

Menginap di Jerusalem.

25Des  Tour Kota Jerusalem dan sekitarnya

Kita mulai dengan menikmati panorama Gunung Olives, sebuah tempat yang menarik untuk memperkenalkan kota Jerusalem dan sejarahnya. Kemudian kita akan mengunjungi tempat-tempat suci tiga agama monoteis yang ada di Jerusalem. Kita mulai dengan Tembok Ratapan (Wailing Wall) yang merupakan sisa peninggalan Kenisah Allah/ Bait Allah (Jewish Temple) yang dihancurkan oleh penguasa Romawi. Biasanya kita akan menyaksikan berbagai kelompok Yahudi yang berbeda datang beribadah di tempat suci ini. Jika dibuka kepada pengunjung kita akan mendaki ke Temple Mount dari mana kita akan dapat melihat Kubah Emas atau Bait al Muqaddas (Dome of the Rock) yang terkenal itu. Kemudian kita akan melanjutkan ke Arab Market (Suq) lalu ke  the “Via Dolorosa”, Jalan Sengsara Jesus yang akan membawa kita ke Gereja Holy Sepulcure yang menurut tradisi Kristen merupakan tempat Jesus disalibkan dan dikuburkan.

Setelah makan siang kita akan menuju Bethlehem, kota tempat kelahiran Jesus Kristus. Di sini kita akan mengunjungi Gereja Kelahiran Yesus (Church of Nativity) termasuk tempat kelahiran bayi Yesus dan gua palungan tempat bunda Maria meletakkan bayi Yesus yang dibungkus dengan lampin. Gereja ini adalah yang tertua di dunia yang tidak pernah dirusak hingga hari ini.

Catatan penting: kunjungan ini dapat dibatalkan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu untuk alasan keamanan atau alasan lain yang berada di luar kendali kami. Tanggungjawab di daerah kekuasaan Palestina sepenuhnya berada pada pihak Palestina.

Menginap in Jerusalem

26Des  Hari ini kita khususkan untuk tour di bagian kota baru Jerusalem. Kita akan menyaksikan “Menorah” (Candelabra) simbol negara Israel yang terkenal dan berbentuk tempat lilin yang terletak di luar Parlemen (Knesset) Israel. Kemudian mengunjungi Museum Israel dimana kumpulan buku-buku suci dan bersejarah (Scrolls of the Dead Sea) dipertunjukkan. Model kota Jerusalem pada masa Kenisah Allah (Bait Alah)) kedua dan lain-lain, mengunjungi museum peringatan YadVashem. Sore hari kembali ke hotel di Jerusalem untuk makan malam dan bermalam.

27Des Setelah sarapan pagi kita akan mengunjungi kota tua Jaffa, satu dari pintu masuk ke kota suci di masa lampau. Melalui pelabuhan inilah pohon Cedar untuk kenisah Salomo dibawa, Nabi Jonas mencoba melarikan diri dari Tuhan, tetapi yang terpenting: Jaffa adalah pelabuhan melalui mana agama Kristen menyebar ke seluruh bangsa-bangsa pertama kali. Di sini Rasul Petrus tinggal di rumah Simon penyamak kulit dan di sinilah dia melakukan mujijatnya yang pertama dengan menyembuhkan seorang gadis kecil. Saat ini jalan-jalan Jaffa yang telah direnovasi menarik banyak seniman membuka galerinya di sana. Lalu kita akan ke Caesarea Maritima, kota pelabuhan yang menakjubkan yang dibangun oleh Raja Herodes Agung. Dari sini Rasul Petrus berangkat Roma dan memulai karya pewartaannya di luar bangsa Yahudi. Di teater Caesarea yang terawat baik inilah prasasti wali Roma Pontius Pilatus ditemukan. Kemudian kita akan melanjutkan ke Tell Meggido, salah satu kota Israel paling tua, di mana kita dapat menemukan jejak perbentengan yang ditinggalkan oleh orang-orang Kanaan, Raja Salomo, Raja Arab dan lain-lain serta sistim pengairan yang  canggih yang menurut beberapa pendapat dibangun oleh Raja Salomo. Tempat yang stretegis ini selalu menjadi tempat terjadinya perang besar di masa lalu dan menurut kitab wahyu Yohanes akan menjadi tempat peperangan terakhir berlangsung – yaitu pertempuran Armaggedon.

Bermalam di Kibbutz Lodge Tiberias

28Des Kita akan memulai hari dengan berjalan kaki di Nazareth termasuk Gereja Annunciation, kota tua dan pasar (Suq). Dalam perjalanan dari Nazareth kita akan melewati Kana dan melanjutkan ke Capernaum untuk mengunjungi rumah Petrus, lalu pergi mengunjungi gereja di gunung Beatitudes, di mana kotbah di gunung terjadi, lalu ke Taghba, di mana Primacy Church dan Multiplication Church. Jika waktu memungkinkan kita juga akan mengunjungi tempat pembabtisan di Yardenit yang terkenal itu.

29Des Setelah sarapan pagi kita akan berkendara sepanjang jalan lembah Laut Mati dan Lembah Jordan. Kita akan mengunjungi Qumran, tempat ditemukannya Dead Sea Scrolls (kumpulan sekitar 900an dokumen kuno mengenai Injil, sejarah dan agama Yahudi yang ditulis dalam bahasa Ibrani, Aramaik dan Yunani) dan pelajaran tentang keyakinan orang Yahudi pada masa Jesus. Kita tidak akan melewatkan kesempatan untuk berenang dan mengapung di air yang menyehatkan di Laut Mati. Kita akan berkendara ke perbatasan Taba lalu berjumpa dengan pemandu dan pengemudi orang Mesir dan melanjutkan perjalanan ke St. Catherine di kawasan Sinai Mesir untuk makan malam dan menginap.

30Des Pada pagi hari kita akan mengunjugi biara tua St. Catherine yang terkenal itu dan tempat di mana Nabi Muhammad pernah menginap dan mengeluarkan piagamnya yang terkenal di mana dia berjanji akan menjadi sahabat dan meminta semua pengikutNya untuk melindungi orang-orang Kristen, pekerjaan dan harta bendanya. Kita juga akan mengujungi gereja yang didirikan pada abad keenam  dan tidak pernah dirusak sejak saat itu. Kita juga akan mengunjungi semak terbakar tanda kehadiran Tuhan kepada Nabi Musa di gunung Sinai dan sumur Jetro. Bagi yang berminat dapat mendaki Gunung Sinai, tanpa biaya. Selanjutnya akan melanjutkan ke gurun Sinai dan terusan Suez lalu check in hotel di Cairo.

31Des Hari ini dikhususkan untuk melihat-lihat pesona Kairo. Ini, tentu saja termasuk Pyramid Giza dan Great Sphinx dan tempat-tempat terkenal di kawasan itu. Di Museum Mesir kita akan dapat melihat beberapa artefak yang sangat terkenal dari jaman Firaun dan dibuka untuk pengunjung. Kita juga akan mengunjungi bagian kota lama Kairo termasuk mengunjugi Papyrus Institute. Bermalam di Kairo

01Jan  Transfer ke Airport Kairo- kembali ke Jakarta

02Jan  Tiba di Jakarta